Mengenal Fungsi Karpet untuk Ruangan Berdasarkan Jenisnya

Mengenal Fungsi Karpet untuk Ruangan Berdasarkan Jenisnya

Karpet adalah salah satu perabotan yang cukup sering terlihat dalam suatu ruangan. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang enggan untuk menggunakan karpet. Kondisi tersebut terjadi karena masih banyak yang belum mengenali fungsi karpet dan manfaat menggunakan karpet untuk ruangan yang lebih estetik.

Selain berguna untuk alas duduk, karpet banyak menjadi opsi para interior designer untuk menambah elemen desain ruangan sehingga ruang tampak lebih menarik. Karpet juga memiliki ragam jenis karakter motif dan bahan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui fungsi karpet berdasarkan jenisnya.

5 Fungsi Karpet untuk Lantai Rumah

Karpet di rumah cukup populer sebagai pelengkap untuk mempercantik ruangan. Padahal tidak hanya itu, karpet memiliki banyak fungsi penting seperti membuat rumah semakin terasa hangat dan nyaman. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan karpet untuk ruangan:

  • Karpet dapat menambah kenyamanan di rumah, karena lantai rumah yang memilikikarpet akan lebih terkesan homey sehingga semakin membuat para penghuninya menjadi betah.
  • Memasang karpet sesuai desain rumah menjadi alternatif cepat untuk membuat tampilan baru di rumah. Hal ini utamanya merupakan fungsi karpet di ruang tamu yang merupakan tempat pertama saat menjamu tamu di rumah, sehingga sering ingin tampil berbeda dalam jangka waktu tertentu.
  • Memberikan kesan hangat di rumah, karena permukaan karpet yang cenderung halus membuat pijakan kaki lebih hangat daripada ketika kaki berpijak pada lantai secara langsung.
  • Fungsi karpet untuk lantai rumah juga sebagai pendukung area aman untuk anak-anak dan manula. Dengan adanya karpet, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba anak-anak atau manula terjatuh karena tidak akan bersinggungan langsung dengan jenis-jenis lantai yang sifatnya lebih keras.
  • Karpet dapat meredam suara langkah kaki yang mungkin saja dapat mengganggu istirahat atau waktu bersantai. Kebersihan karpet juga harus terjaga untuk menambah kenyamanan, mulai dari sering mem-vacuum karpet hingga memahami cara menghilangkan bulu kucing di karpet yang aman.
Baca Juga:  12 Kursi Ergonomis Terbaik Agar Kerja Anda Makin Nyaman

Fungsi Karpet Berdasarkan Jenisnya

Tahukah Anda? Ternyata setiap jenis karpet memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya, lho. Berikut adalah fungsi karpet berdasarkan jenisnya yang mencerminkan manfaat menggunakan karpet untuk ruangan:

1. Karpet Lantai Kamar Tidur

Kamar Tidur
Foto : foter.com

Seperti namanya, karpet lantai kamar tidur berguna untuk menutupi lantai di area kamar tidur. Biasanya, karpet yang digunakan akan lebih tebal dengan luas yang tidak seluas karpet ruangan lain. Fungsinya adalah untuk menambah kenyamanan dan kehangatan area kamar tidur.

2. Fungsi Karpet di Ruang Tamu

Ruang Tamu
Foto : prettyandsmartco.com

Karpet ruang tamu biasa menjadi tempat untuk aktivitas anggota keluarga dan ruang tamu, sebab itu karpet ini memiliki ukuran yang lebih luas daripada area lain. Selain untuk menambah rasa nyaman, hangat, dan homey, fungsi karpet di ruang tamu menjadi karpet penambah keindahan dan estetika ruangan.

Terlebih ruang tamu menjadi tempat penting bagi keluarga dan kerabat. Untuk itu, Anda harus memilih merk karpet yang bagus, dengan begitu Anda bisa memenuhi keinginan untuk memaksimalkan fungsi karpet berdasarkan jenisnya.

3. Karpet Kantor

Kantor
Foto : Pinterest

Manfaat menggunakan karpet untuk ruangan kantor adalah untuk estetika guna menambah kenyamanan dan menciptakan ruangan yang menarik. Selain itu, karpet di lingkungan kantor juga berfungsi untuk mengurangi gangguan kebisingan suara yang muncul dari langkah kaki dan peralatan kantor.

Dengan demikian, penggunaan karpet menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan damai bagi para karyawan. Karpet kantor biasanya memiliki berbagai macam warna, motif, ukuran, serta jenis bahan. Oleh sebab itu, dalam pemilihannya Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya dekorasi dalam ruangan.

4. Karpet Masjid

Karpet Masjid
Foto : basarakarpet.my.id

Karpet masjid adalah karpet yang secara khusus didesain untuk melapisi lantai ruang ibadah. Tujuan dari penggunaan karpet masjid adalah untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah agar tidak merasa kedinginan karena bersentuhan langsung dengan lantai ubin.

Selain itu, fungsi karpet berdasarkan jenisnya untuk masjid berguna dalam memberikan ketenangan bagi orang yang sedang sholat atau ibadah lainnya. Itu dapat terjadi karena karpet masjid dapat meredam suara gerakan atau langkah kaki orang-orang sekitar.

Baca Juga:  15 Merk Kursi Plastik yang Bagus dan Cara Memilihnya

Biasanya, ukuran karpet ini cukup besar karena akan berguna untuk melapisi seluruh lantai masjid yang umumnya memiliki luas yang luas pula. Selain itu, desain karpet masjid cukup sederhana dengan warna-warna netral.

Motif yang tersedia juga biasanya berupa tulisan arab di mana desain tersebut menggambarkan simbol agama Islam. Pada ujung karpet biasanya terdapat gambar arah kiblat untuk petunjuk arah sholat.

5. Fungsi Karpet untuk Lantai Rumah Sakit

karpet lantai rumah sakit
Foto : suppliervinyllantai.com

Karpet rumah sakit adalah karpet yang sengaja didesain untuk melapisi lantai di rumah sakit ataupun tempat layanan kesehatan lainnya. Biasanya, karpet ini memiliki desain khusus dengan mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, dan memenuhi standar medis lainnya.

Manfaat menggunakan karpet untuk ruangan di dalam rumah sakit adalah menciptakan suasana yang nyaman, aman, dan bersih bagi pasien maupun tenaga medis di dalamnya. Hal menarik dari karpet rumah sakit adalah bahan dasarnya yang tahan air dan kotoran, sehingga mudah dibersihkan dengan disinfektan.

Selain itu, karpet rumah sakit biasanya bersifat antibakteri serta anti selip. Unsur ini sengaja terpasang untuk mengurangi resiko cidera pada tenaga kesehatan dan pasien karena jatuh.

6. Karpet Olahraga

Karpet Olahraga
Foto : orami.co.id

Tentu saja, karpet olahraga merupakan karpet yang berguna untuk berolahraga. Biasanya, fungsi karpet berdasarkan jenisnya ini memiliki karakter yang empuk, sehingga menghindarkan pemakainya dari resiko cidera saat berolahraga.

Sering kali karpet olahraga terbuat dari bahan karet maupun PVC karena bahan-bahan tersebut lebih memberikan daya keamanan yang tinggi untuk para atlet. Sehingga, harapannya para atlet akan lebih merasa nyaman dan aman saat sedang melakukan olahraga.

7. Karpet Komersial

Karpet Komersial
Foto : flooringclarity.com

Selain membahas fungsi karpet untuk lantai rumah, ada juga karpet komersial yang didesain khusus untuk lingkungan yang bersifat komersial seperti hotel, toko, hingga restoran. Karpet komersial biasanya terbuat dari bahan polipropilen dan serat sintetis yang dapat bertahan lama serta bersifat mudah dibersihkan.

Manfaat menggunakan karpet untuk ruangan komersial adalah untuk menahan segala aktivitas yang ada di sekitarnya, sehingga tidak menimbulkan kesan yang begitu bising dan menahan aktivitas berat di atasnya. Oleh sebab itu, harapannya karpet ini dapat mengurangi resiko kerusakan pada lantai.
Kekurangan dari karpet ini adalah harganya yang cukup tinggi. Perawatan yang Anda lakukan juga harus ekstra karena karpet kurang tahan dengan kotoran dan bakteri.

Baca Juga:  15 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik dan Cara Memilihnya

8. Karpet Industri

Karpet Industri
Foto : interiordesign.net

Karpet industri adalah karpet dengan rancangan khusus untuk lingkungan industri seperti pabrik, gudang, serta fasilitas produksi lain. Biasanya, jenis karpet ini terbuat dari bahan karet dan vinyl yang mana sifatnya lebih tahan lama dan keras agar dapat menahan beban berat di atasnya.

Tujuan pemasangan karpet ini adalah untuk mengurangi resiko cedera, meredam suara dari pekerja maupun mesin di dalamnya. Karpet industri biasanya tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, untuk itu Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Karpet industri juga biasanya dilengkapi dengan sistem anti selip.

9. Karpet Kendaraan

Karpet Kendaraan
Foto : viva.co.id

Karpet kendaraan berguna untuk memenuhi fungsi karpet dalam hal perlindungan lantai kendaraan. Jenis-jenis karpet kendaraan sudah tersedia dalam berbagai bahan seperti PVC, karet, maupun bahan sintetis lainnya.

Karpet ini memiliki desain yang beragam sesuai dengan desain kendaraannya. Selain meredam suara, karpet kendaraan dapat mengurangi getaran saat berkendara sehingga harapannya pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman.

jual karpet lantai
Maksimalkan kenyamanan dengan Karpet Lantai terbaru di UKUR

Sudah Lebih Paham terkait Fungsi Karpet?

Jika kita pahami lebih jauh dan mendetail, ternyata ada banyak fungsi karpet dan manfaat menggunakan karpet untuk ruangan tertentu. Pada intinya, pemilihan karpet harus didahului dengan dengan penyesuaian kegunaan karpet agar dapat memilih karpet dengan bahan yang sesuai.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda berencana untuk membeli karpet baru, maka UKUR bisa menjadi salah satu tujuan menarik. UKUR menjadi platform online terbaik yang menyediakan berbagai merk karpet terbaik dan terlengkap di Indonesia.

Selain karpet, Anda dapat menemukan beragam jenis kebutuhan lantai, furniture, dinding dan plafon, hingga peralatan elektronik. Harga yang UKUR tawarkan juga cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir jika kantong Anda akan terkuras. Yuk, nikmati kemudahan belanja di UKUR sekarang juga!