7 Rekomendasi Handal Cara Mengetahui CCTV Hidup atau Mati

7 Rekomendasi Handal Cara Mengetahui CCTV Hidup atau Mati

Closed-Circuit Television atau CCTV adalah kamera yang bisa Anda gunakan sebagai pemantau atau pengawas serta memiliki fungsi untuk merekam gambar dan suara di suatu cakupan area tertentu. Untuk itu, tips dan cara mengetahui CCTV hidup atau mati merupakan hal yang penting.

Simak cara mengetahui CCTV nyala atau tidak pada artikel ini secara tuntas!

Rekomendasi Cara Mengetahui CCTV Hidup Atau Mati

Pada era modern ini, CCTV marak digunakan sebagai sarana pendukung untuk meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan baik di instansi publik, individu, maupun perusahaan swasta.

Namun, cara kerja CCTV yang otomatis membuat Anda terkadang sering merasa khawatir apakah CCTV yang Anda pasang di lingkungan Anda berfungsi dengan baik atau tidak. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah rekomendasi cara mengetahui CCTV hidup atau mati:

1. Melihat Lampu Indikator CCTV

melihat indikator
Foto: pinhome.id

Bagi orang awam yang kurang mengenal sistem CCTV, menurut mereka, tanda utama dari CCTV yang aktif adalah nyala lampu indikator dari suatu kamera CCTV. Ternyata bukan itu saja tandanya.

Lampu indikator CCTV adalah cara paling umum yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui bahwa kamera CCTV sedang aktif memantau. Namun, hal ini ternyata tidak selalu bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui bahwa sistem CCTV sedang bekerja merekam setiap detail kejadian di depannya.

Saat ini, ada beberapa pengguna yang memasang CCTV palsu. Tujuan pemasangannya adalah agar oknum yang memiliki niat jahat akan takut untuk melakukan aksinya di depan CCTV palsu tersebut.

Ciri lampu indikator pada CCTV palsu yaitu menyala dengan warna yang terang disertai efek berkedip-kedip. Perlu Anda ketahui bahwa lampu indikator CCTV asli memiliki warna yang tidak terlalu terang. Bahkan, CCTV asli yang lengkap dengan fitur infra merah hanya akan berkedip di tempat gelap.

Baca Juga:  4 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari, Sangat Ampuh!

Kesimpulannya, CCTV yang aktif merekam tidak melakukan kedipan sepanjang hari. Lampu infra merah yang menyala adalah sebagai tanda bahwa CCTV sedang beroperasi pada mode gelap.

Anda masih ragu dan ingin memastikan apakah CCTV itu asli dan sedang aktif merekam? Anda dapat mengeceknya menggunakan kamera ponsel. Caranya yaitu arahkan kamera ponsel Anda pada CCTV. Apabila Anda melihat lampu yang terang pada kamera ponsel, maka CCTV itu sedang menyala.

2. Mengamati Pergerakan CCTV

pergerakan cctv
Foto: sparkrey.com

Mengamati pergerakan CCTV juga merupakan salah satu cara untuk mengetahui CCTV hidup atau mati. Akan tetapi, cara ini hanya dapat diterapkan pada CCTV model tertentu saja. Biasanya CCTV yang bisa bergerak ini adalah CCTV dengan bentuk agak lonjong dan memanjang.

Jika CCTV ini menyala, CCTV akan bergerak mengikuti sensor pergerakan. Jadi, jika Anda menemukan CCTV dengan model ini tetapi tidak bergerak sesuai dengan pergerakan Anda, berarti CCTV tersebut dalam keadaan mati.

3. Menggunakan Komputer

lewat laptop
Melihat dari laptop. (Foto: angi.com)

Anda juga dapat melihat apakah CCTV Anda dalam keadaan nyala atau mati dengan aplikasi yang ada di komputer. Aplikasi yang biasa digunakan seperti TinyCam Monitor, IP Cam Viewer, mEye, dan lainnya. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui CCTV sedang aktif merekam atau tidak dengan komputer.

Anda juga bisa menggunakan komputer untuk melihat rekaman dari CCTV saat dibutuhkan. Jika Anda tidak sengaja menghapus rekaman CCTV, Anda dapat mempraktikkan cara mengembalikan rekaman CCTV.

4. Menggunakan Smartphone

lewat hp
Foto: sg-cctv.com

Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone untuk kesehariannya. Tentu saja menggunakan smartphone sangat praktis sebagai cara mengetahui CCTV hidup atau mati.

Baca Juga:  15 Merk Kursi Plastik yang Bagus dan Cara Memilihnya

Sama seperti menggunakan komputer, cara cek CCTV juga menggunakan aplikasi yang bisa didownload di Play Store atau Apple Store. Salah satu contoh aplikasi yang bisa Anda download untuk mengecek CCTV adalah Viewtron CCTV DVR Viewer.

5. Cek dengan Detektor Alat Penyadap

Detektor alat penyadap juga dapat digunakan sebagai cara mengetahui CCTV hidup atau mati. Mungkin sering kita melihat alat ini dalam film dengan genre action untuk mengecek CCTV sedang menyala atau mati. Sesuai dengan namanya, detektor ini digunakan untuk mendeteksi alat penyadap.

Meskipun alat ini terdengar cukup asing, Anda juga dapat membelinya di toko online. Kerja detektor ini yaitu memberikan sinar yang stabil ketika detektor dekat dengan CCTV yang menyala.

Dengan alat ini, Anda dapat lebih waspada ketika sedang menginap di hotel jika mungkin terdapat kamera tersembunyi yang mengganggu privasi Anda.

6. Lihat Kabel dan Material Cover CCTV

Kabel dan material cover CCTV ini adalah bagian yang mencolok untuk melihat apakah CCTV nyala atau tidak dari segi keaslian barangnya.

Biasanya CCTV palsu memiliki kabel yang lebih mencolok dan terlihat jelas. Selain itu, CCTV palsu juga memiliki indikator lampu warna merah terang dan terus berkedip yang bisa mengindikasikan bahwa CCTV tersebut tidak benar-benar hidup alias hanya sebagai pajangan untuk mengelabui orang-orang.

CCTV yang dipasang oleh teknisi biasanya asli (benar-benar hidup) karena memiliki rangkaian kabel yang rapi dan material yang kokoh. CCTV asli juga terbuat dari material cover dengan bahan bagus dan kuat agar tahan terhadap perubahan cuaca karena biasanya CCTV diletakkan di luar ruangan.

Berbeda dengan CCTV palsu yang menggunakan material plastik sehingga terlihat lebih ringkih.
Selanjutnya, untuk mengecek apakah CCTV nyala atau tidak, Anda juga dapat mengecek sambungan kabelnya. Jika terputus atau belum benar-benar terpasang di stop kontak, maka sudah bisa dipastikan bahwa CCTV tersebut tidak menyala.

Baca Juga:  6 Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur, Mudah!

7. Cek Konektivitas WiFi

Sistem CCTV umumnya terdiri atas beberapa kamera yang terhubung dengan sistem pemantauan. Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat, CCTV saat ini banyak menggunakan koneksi internet agar pengguna bisa melakukan pemantauan dari jarak jauh dengan bantuan ponsel atau komputer.

Beberapa CCTV saat ini sudah mempunyai jaringan wireless sehingga tidak memerlukan kabel lagi untuk instalasinya. Untuk mengetahui CCTV dalam keadaan hidup atau mati, cukup dengan menghubungkan CCTV dengan WiFi yang ada di rumah.

Jika CCTV tersambung dengan saluran WiFi, berarti CCTV tersebut menyala dengan baik. Dengan koneksi WiFi ini, CCTV akan merekam semua kejadian untuk menghindari kejahatan. Untuk melihat rekaman, praktikkan saja cara memutar ulang rekaman CCTV di TV, laptop, atau perangkat lainnya sesuai kemauan Anda.

Sudah Tahu Cara Membedakan CCTV Hidup atau Mati?

Mengetahui ilmu tentang ‘bagaimana cara mengetahui CCTV hidup atau mati adalah salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui. Artikel di atas telah menjelaskan beberapa rekomendasi tentang cara memantau keefektifan dari sistem CCTV, apakah CCTV tersebut nyala atau tidak.

Apabila Anda membutuhkan referensi seputar pembelian kelengkapan alat CCTV, yuk mampir ke Ukur.com. Lalu, Anda juga akan menemukan berbagai referensi produk seperti bahan konstruksi bangunan, furniture interior rumah, dan alat elektronik lainnya!

Di samping itu, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan customer service terkait perlengkapan CCTV milik Anda apabila membeli di website tersebut. Jangan khawatir untuk menanyakan solusi dan tindakan ketika ada masalah menyangkut CCTV Anda.

Ingat! Keamanan dan pengawasan yang optimal dari CCTV yang berfungsi dengan baik merupakan hal penting!