Kenali Apa itu Bahan Partikel Board, Karakteristik, Hingga Jenisnya

Kenali Apa itu Bahan Partikel Board, Karakteristik, Hingga Jenis-Jenisnya

Ada banyak sekali jenis olahan kayu yang ada di Indonesia. Bahan partikel board adalah salah satu jenis olahan kayu yang cukup sering menjadi bahan interior. Mungkin jenis olahan kayu ini masih asing di telinga, khususnya bagi orang-orang awam. Lantas, apa itu bahan partikel board?

Artikel ini akan membahas tentang partikel board, mulai dari definisi, karakteristik material, penggunaan, hingga keunggulannya.

Apa itu Partikel Board?

Partikel board adalah produk olahan berbahan dasar kayu dan perekat sintetis yang telah melalui proses pemadatan dan pembentukan sebelumnya. Jenis kayu ini masuk ke dalam golongan kayu lapis.

Umumnya, ketebalan dari bahan partikel board adalah kurang dari 3 milimeter dan banyak yang membuat aneka perabotan menggunakan bahan dasar ini. Selain itu, particle board juga dapat menjadi bahan pilihan untuk keperluan dekoratif dan konstruksi non-struktural di bangunan, seperti lantai, panel dinding, dan lain-lain.

Partikel board terbuat dari bahan daur ulang seperti serpihan atau serbuk kayu. Itulah mengapa bahan ini ketahanannya tidak sekuat kayu solid. Meski begitu, ada juga beberapa partikel board yang sifatnya kokoh.

Sebagai catatan, bahan jenis ini tidak cocok jika digunakan di area yang memiliki kelembapan tinggi. Alasannya adalah karena partikel board dapat menyerap cairan dalam jumlah lebih banyak dan akan berpotensi memunculkan jamur.

Karakteristik Material Partikel Board
Karakteristik Material Partikel Board

Karakteristik Material Partikel Board

Material pada partikel board tentu memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya semakin unik. Karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Partikel board memiliki kepadatan dan kualitas yang unggul jika dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya.
  • Material ini memiliki bobot yang ringan.
  • Meskipun memiliki kepadatan yang tinggi, partikel board cenderung tidak tahan lama. Namun, penggunaan kayu lapis ini adalah pilihan yang ekonomis daripada menggunakan kayu dengan ketahanan yang tinggi.
  • Penampilannya dapat diperindah dengan menambahkan warna atau kayu veneer.
  • Memiliki kemampuan untuk menyerap cairan dan kelembapan.
Baca Juga:  Apa Itu Plafon Akustik: Pengertian, Keunggulan, dan Harganya

Penggunaan Partikel Board

Umumnya, penggunaan bahan partikel board adalah untuk keperluan furniture. Namun, benda-benda yang menggunakan jenis material ini cenderung rentan jika terkena air atau kelembapan.

Meskipun begitu, jika Anda lihat dari segi harga, partikel board tentu lebih ekonomis. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bahan ini memiliki banyak peminat.

Perusahaan furniture terkenal banyak mempopulerkan penggunaan partikel board sebagai bahan dasar pembuatan perabot rumah tangga. Adapun perabot yang menggunakan bahan partikel board seperti, meja, rak buku, dan rak TV. Apalagi, partikel board ini cukup tahan lama, mudah dibentuk, dan tentunya lebih terjangkau.

Bahan partikel board lebih cocok untuk aplikasi dalam ruangan. Misalnya saja sebagai bahan lantai, panel dinding, atau langit-langit rumah. Selama tidak terpapar kelembapan, partikel board memiliki ketahanan yang cukup lama. Terlebih jika ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tidak jarang juga partikel board menjadi bahan dasar pembuatan produk speaker hingga langit-langit auditorium. Sebab, bahan ini memiliki kemampuan khusus yaitu insulasi termo-akustik.

Kegunaan Particle Board
Source image: arafuru.com

Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis material partikel board tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini dia penjelasannya lebih lanjut.

1. Kelebihan Partikel Board

Berikut ini ulasan terkait kelebihan dari partikel board:

  • Harga partikel board adalah yang paling terjangkau di antara produk olahan kayu lainnya.
  • Bahan ini bersifat eco friendly atau ramah lingkungan karena terbuat dari campuran sisa serpihan, serbuk, atau sisa-sisa kayu yang telah melalui proses ekstrak.
  • Lapisannya lebih padat daripada kayu olahan lainnya.
  • Dapat dimodifikasi dengan menambahkan lapisan cat ataupun ekstra veneer agar tampilannya lebih indah.
  • Permukaannya lebih licin dan rata.
  • Bahan partikel board berbobot ringan serta mudah dibentuk.
  • Kapasitas daya tahan sekrup partikel board cenderung lebih baik daripada kayu MDF.
  • Bahan ini mudah pembersihan serta perawatannya.
Baca Juga:  Lantai Parket: Kelebihan, Jenis, dan Cara Pemasangannya

2. Kekurangan Partikel Board

kelebihan dan kekurangan particle board
Source image: courtina.id

Berikut ini ulasan terkait kelebihan dari bahan partikel board:

  • Partikel board tidak begitu kuat meskipun memiliki karakteristik yang padat.
  • Ketahanan dari kayu olahan ini tidak sebaik olahan kayu solid lainnya.
  • Partikel board lebih rentan rusak serta tidak tahan pada kelembapan.
  • Bahan ini membutuhkan tenaga lebih kuat ketika hendak memasang sekrup atau membor karena kepadatannya yang tinggi.

Jenis-jenis Particle Board

Partikel board terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis bahan partikel board itu apa saja?

1. Laminated Particle Board

Laminated Particle Board
Source image: resin-expert.com

Laminated particle board merupakan jenis olahan kayu yang memiliki lapisan laminasi tipis di permukaannya. Jenis yang satu ini lebih banyak menjadi dekorasi karena lapisan laminasinya yang indah.

Penggunaan partikel board jenis ini biasanya orang-orang gunakan sebagai material panel dapur, lemari, hingga bahan dasar pembuatan rak.

2. Veneer Particle Board

Veneer Particle Board
Source image: homelane.com

Jenis partikel board satu ini adalah kayu yang memiliki lembaran tipis dan bahan dasarnya berasal dari parutan kayu gelondong serta pada bagian permukaannya akan dilapisi dengan veneer.
Penggunaan veneer particle board biasanya menjadi bahan dasar furniture ataupun barang dekorasi lainnya. Keunggulan partikel board jenis ini adalah harganya yang terjangkau serta ketahanannya yang lebih baik.

3. Cement Bonded Particle Board

Cement Bonded Particle Board
Source image: euroform.co.uk

Jenis kayu olahan ini menggunakan semen sebagai bahan perekat utamanya. Dalam jenis partikel board ini, komposisinya terdiri dari 60% semen, 20% kayu daur ulang, dan 20% air.
Tingkat ketahanan yang tinggi pada partikel board ini tidak lain karena campuran semen di dalamnya. Ini membuat partikel board lebih tahan dari risiko pelapukan, pembusukan, kelembapan, serta bahaya api.

Penggunaan bahan partikel board jenis ini umumnya untuk pembuatan dinding pemisah, dinding beton, hingga lantai.

Baca Juga:  8 Jenis Bahan Dinding Kedap Suara, Ampuh Cegah Kebisingan!

4. Melamine Particle Board

melamine particle board
Jenis Particle Board Melamine

Permukaan partikel board jenis ini adalah melamin. Bahan dasar pembuatan melamine particle board adalah resin dan sejenis lilin agar melamin dapat melekat kuat pada permukaannya.
Jenis partikel board ini memiliki ketahanan terhadap goresan dan air karena terlindungi oleh lapisan melamin. Penggunaannya seringkali menjadi pelapis dinding, panel dapur, lemari, hingga furniture kantor.

Ada banyak pilihan tekstur hingga warna pada partikel board melamin ini. Sehingga, tampilan dari olahan kayu jenis ini lebih menarik daripada yang lainnya.

Tips Sebelum Membeli Bahan Partikel Board

Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat membeli perabotan rumah yang terbuat dari partikel board:

1. Pilih Partikel Board Grade A

Jenis partikel board dengan grade A adalah yang tertinggi dari segi kualitasnya. Partikel board ini sangat cocok menjadi furnitur atau material bangunan yang memerlukan kekuatan dan ketahanan yang tinggi.

Kemampuannya dalam menahan beban serta ketahanan yang lebih baik terhadap kelembapan menjadi keunggulannya. Selain itu, kemungkinan untuk mendapatkan hasil finishing yang bagus juga lebih tinggi.

2. Hindari Penggunaan di Area Basah atau Lembap

Hindari menggunakan perabotan berbahan partikel board di area yang sering terkena air atau lembap, seperti kamar mandi atau dapur. Partikel board rentan terhadap kelembapan dan air yang dapat menyebabkan kerusakan.

Tertarik Menggunakan Barang dari Bahan Partikel Board?

Partikel board adalah salah satu jenis material yang cocok Anda jadikan sebagai pilihan untuk menunjang interior hunian. Temukan berbagai macam barang berkualitas yang terbuat dari material partikel board di Ukur.

Dapatkan aneka produk barang partikel board yang kuat, tahan lama, dan memiliki harga yang terjangkau. Mulai dari furniture rumah tangga hingga dekorasi interior seperti lantai, dinding & plafon, UKUR.com menawarkan banyak opsi menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ciptakan kenyamanan dan keindahan pada rumah Anda dengan produk dari bahan partikel board yang berkualitas. Segera jelajahi website UKUR.com dan temukan barang kebutuhan Anda sekarang!