4 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari, Sangat Ampuh!

4 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari, Sangat Ampuh!

Bagaimana cara menghilangkan jamur di lemari yang ampuh? Permasalahan yang satu sering muncul pada lemari pakaian minimalis modern dan cukup bikin pusing. Selain menyebabkan bau apek pada pakaian, jamur juga merusak estetika dan tekstur kain. Sangat merugikan sekali, bukan?

Meskipun begitu, Anda harus tetap tenang! Ketahui dulu penyebab kemunculan jamur tersebut agar dapat mencegah dan melakukan penanganan yang tepat. Simak artikel berikut sampai akhir supaya informasi penting ini tidak terlewat!

Ketahui Penyebab Lemari Berjamur

Ketahui Penyebab Lemari Berjamur
Foto: Antijamur

Supaya mengetahui metode antisipasi maupun penanganan yang tepat untuk jamur lemari, Anda wajib tahu dulu faktor-faktor pemicunya. Biasanya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab lemari kesayangan bisa sampai jamuran, antara lain:

1. Pengembunan

Penyebab pertama kemunculan jamur di lemari tidak lain adalah proses kondensasi alias pengembunan. Kurangnya ventilasi ruangan menyebabkan dinding lembab, sedangkan lemari dalam posisi terlalu menempel. Sedangkan area semacam itu sendiri merupakan tempat tumbuh jamur yang utama.

2. Penempatan di Sekitar Sumber Air

Faktor pemicu berikutnya adalah penempatan lemari di area yang dekat dengan sumber air, seperti pipa. Dekat dengan kamar mandi, ruang cuci pakaian, sampai wastafel juga bisa menjadi penyebab. Tingkat kelembapan dan risiko kebocoran yang tinggi kembali menjadi pemicu utama.

3. Kurang Sinar Matahari

Sinar matahari membuat ruangan hangat tetapi tidak lembab, sehingga dapat menekan perkembangan jamur. Biasanya, lemari yang berjamur diletakkan dalam ruangan yang kurang akses matahari atau tertutup rapat.

Baca Juga:  8 Cara Menghilangkan Noda Putih di Lantai Marmer yang Aman

4. Perawatan yang Buruk

Jarang membersihkan debu dan noda lain di area sekitar lemari juga mengakibatkan tumbuhnya jamur. Terutama bila lemari tersebut memiliki banyak celah-celah kecil yang membuat kotoran mudah masuk dan debu menumpuk.

Cegah dengan 4 Cara Agar Lemari Tidak Berjamur

Cegah dengan 4 Cara Agar Lemari Tidak Berjamur
Foto: Importa Furniture

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jamur di lemari, penting untuk melakukan tindakan preventif terlebih dahulu. Terlebih setelah mengetahui faktor pemicu jamur menempel di lemari sebagaimana penjabaran di atas. Metode pencegahan yang efektif dan wajib Anda coba antara lain:

1. Pastikan Ventilasi dan Sirkulasi Udara Cukup Baik

Pencegahan pertama adalah memastikan akses ventilasi udara cukup sehingga sirkulasi dalam ruangan baik. Hal tersebut akan meminimalisir kelembaban sebagai pemicu utama jamur muncul di lemari.

2. Memberikan Akses Sinar Matahari yang Cukup

Cara menghilangkan jamur di lemari berikutnya dengan memastikan ruangan tempat Anda menyimpan lemari mempunyai akses sinar matahari yang cukup. Usahakan posisi lemari memungkinkan untuk mendapat pancaran matahari dan jangan terlalu sering menutup rapat ruangan.

3. Menjauhkan Lemari dari Sumber Air

Usahakan untuk tidak menempatkan lemari di sekitar pipa atau area dengan penggunaan air tinggi seperti kamar mandi, dapur, dan ruang mencuci. Setidaknya buat jarak dua meter dari sumber air ataupun area-area tersebut.

4. Rajin Membersihkan Lemari

Terakhir, jangan malas untuk membersihkan lemari secara rutin. Setidaknya dua hari sekali untuk mencegah debu, noda, dan kotoran lain menempel atau menumpuk. Jangan menggunakan lap basah karena justru akan memicu jamur, apalagi jika lemarinya menggunakan bahan MDF.

4 Cara Mengatasi Lemari Berjamur

Bila tidak sempat melakukan tindakan-tindakan pencegahan di atas karena lemari sudah terlanjur berjamur, Anda tidak perlu panik. Berikut lima cara mudah untuk mengatasi kondisi jamur di lemari yang tentu sangat mengganggu:

1. Memakai Alkohol 70%

Memakai Alkohol 70%
Foto: Tokopedia

Cara pertama untuk mengatasi kebandelan jamur di lemari adalah dengan memakai alkohol 70%. Namun, untuk menghindari iritasi pada tubuh sendiri, pastikan kulit tidak bersentuhan langsung dengan cairan tersebut. Sekali lagi, Anda hanya bisa mengaplikasikannya setelah lemari bersih dari jamur.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi TV Digital Terbaru 2023

2. Menggunakan Kamper

Menggunakan Kamper
Foto: Kompas.com

Selama ini, Anda pasti beranggapan kalau kamper hanya berfungsi untuk mengharumkan. Padahal ini juga ampuh sebagai cara menghilangkan jamur dan juga menghilangkan rayap di lemari. Cukup menyebarkan kamper di setiap ujung lemari dan jamur tidak akan berkembang biak. Tentu saja, lemari harus dibersihkan dulu sebelum melakukannya.

3. Menggunakan Pernis atau Melamin

Menggunakan Pernis atau Melamin
Foto: Paint and Coating

Anda juga bisa mengatasi jamur di lemari dengan memakai pernis atau melamin. Bahan ini sering digunakan untuk memberi efek mengkilat pada perabot kayu, tapi sebenarnya efektif juga memerangi jamur. Pengaplikasiannya juga wajib setelah lemari terbebas dari jamur membandel.

4. Memakai Dehumidifier

Memakai Dehumidifier
Foto: Rumah.com

Cara terakhir ini memang cukup menguras kantong, tapi terbukti efektif, yaitu dengan pakai dehumidifier yang akan jaga lemari tetap kering. Harga barang satu ini memang cukup mahal, tapi ampuh buat cegah kelembaban serta meminimalisir penumpukan kotoran. Sehingga, ini akan jadi investasi jangka panjang.

Cara Membersihkan Jamur di Lemari

Bingung karena metode yang disebutkan di atas harus didahului dengan cara menghilangkan jamur di lemari lebih dulu? Anda tak perlu bingung karena melenyapkan jamur membandel tidak sesulit dalam bayangan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengosongkan isi lemari terlebih dahulu. Jangan menyisakan apapun karena akan menyulitkan Anda sendiri. Kemudian, angkat lemari dan jemur tepat di bawah terik matahari selama 30 menit. Selanjutnya, Anda bisa meneruskan dengan langkah-langkah sederhana berikut:

  • Ambil sikat gigi yang tidak terpakai atau sikat baju dalam kondisi kering.
  • Mulai gosok jamur-jamur yang menempel di lemari memakai sikat tersebut, pastikan tekanannya tidak terlalu kuat atau lemah.
  • Jamur yang tidak terlalu tebal akan langsung lenyap dengan cara tersebut, tapi bila terlanjur membandel, tambahkan larutan jeruk nipis dan garam.
  • Peras jeruk nipis dalam wadah, kemudian tambahkan garam dan aduk hingga larut merata.
  • Celupkan sikat tadi ke dalam larutan tersebut, kemudian gosok kembali ke permukaan lemari dengan jamur membandel.
  • Setelah bersih sempurna, keringkan memakai tisu. Pastikan permukaannya 100% kering agar tidak berakhir mengundang jamur kembali.
Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik dengan Mudah

Kalau jamur sudah teratasi dengan metode sederhana tersebut, Anda hanya perlu mempraktikkan salah satu cara yang telah dijabarkan sebelumnya supaya mereka enggan kembali. Mudah, bukan?

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Jamur di Lemari?

Sebenarnya, cara menyelesaikan problematika jamur lemari yang Anda hadapi tidak sulit. Selain menggunakan jeruk nipis dan garam, Anda juga bisa memakai cairan anti jamur yang dijual bebas di pasaran.

Pengaplikasiannya kurang lebih sama dengan memakai cairan alami, namun takarannya perlu diperhatikan dengan saksama agar tepat dan tidak berakhir merusak lemari. Bagaimanapun, lemari merupakan perabot yang terbuat dari kayu sehingga cukup rentan terhadap cairan kimia.

Frekuensi penggunaannya juga tidak boleh terlalu sering. Anda hanya boleh pakai cairan pembersih jamur pada lemari satu bulan sekali. Lebih dari itu, dikhawatirkan bersifat korosif sehingga perlahan membuat kayu kopong akibat terkikis.

jual lemari plastik
Beli lemari plastik berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Beli Lemari Berkualitas di Ukur!

Pusing memikirkan rumitnya cara menghilangkan jamur di lemari? Ada satu lagi solusi yang bisa Anda pertimbangkan supaya terhindar dari hal tersebut. Jalan keluarnya adalah dengan hunting lemari berkualitas yang anti rayap dan jamur.

Memangnya ada lemari ajaib seperti itu di zaman sekarang ini? Jawabannya, tentu ada! Hanya jika Anda membeli perabot-perabot berkualitas dari Ukur.com yang menjual beragam furniture berkualitas. Bahkan ada produk elektronik hingga lantai. Yuk, kunjungi situs resminya sekarang dan mulai transaksi Anda!