Rekomendasi CCTV Tanpa Kabel Beserta Harga dan Kelebihannya

Rekomendasi CCTV Tanpa Kabel Beserta Harga dan Kelebihannya

Closed-Circuit Television atau CCTV adalah sistem pengawasan atau pemantauan yang menggunakan kamera video untuk merekam gambar pada lokasi tertentu. Banyak orang menggunakan kamera CCTV tanpa kabel untuk tujuan keamanan pada rumah, fasilitas umum, sekolah, dan banyak tempat lainnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, wireless CCTV juga turut membantu memberikan efisiensi dengan pemasangannya yang lebih praktis tanpa harus merusak dinding rumah. Temukan kelebihan, kekurangan, dan harga CCTV tanpa kabel pada artikel berikut. Yuk, simak untuk penjelasan lebih lengkapnya!

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Tanpa Kabel

Memiliki CCTV yang tidak memiliki kabel bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kemudahan dalam hal akses dan efektivitas pemasangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kamera pengawas berikut:

Kelebihan CCTV Tanpa Kabel

Kelebihan yang mungkin bisa Anda dapatkan ketika memilih CCTV jenis ini adalah sebagai berikut:

1. Akses Online yang Mudah

Wireless CCTV memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah Anda bisa mengaksesnya secara online dari jarak jauh hanya melalui smartphone. Sebab, jenis CCTV ini bisa terhubung ke internet.

Selain akses yang mudah, alat ini juga tidak memerlukan perangkat perekam eksternal. Karena CCTV ini menggunakan kartu microSD yang terpasang pada badan kamera untuk menyimpan rekaman.

Akses Online yang Mudah - CCTV
Foto: Freepik

2. Pemberitahuan Langsung ke Smartphone

Kelebihan lain adalah bahwa CCTV ini memiliki fitur yang memungkinkan pengiriman notifikasi secara instan ke smartphone atau perangkat seluler sejenis tab. Anda juga bisa mengatur pemberitahuan tersebut melalui email atau pesan singkat setiap kali mendeteksi kehadiran orang atau objek yang mencurigakan.

Baca Juga:  10 Model Plafon GRC Minimalis untuk Interior Rumah

3. Fleksibilitas Pemasangan

Kelebihan terakhir dari kamera CCTV tanpa kabel adalah fleksibilitas dalam pemasangan. Anda bisa memasangnya di lokasi yang sulit terjangkau oleh perangkat CCTV berbasis kabel, misalnya pada sudut-sudut rumah. Selain itu, dinding bangunan Anda juga akan tetap bersih dari kabel-kabel yang melintang.

Kekurangan CCTV Tanpa Kabel

Meskipun alat ini memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan, Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini:

1. Pengaturan yang Kompleks

Meskipun cara menyambungkan CCTV ke HP masih terbilang cukup mudah, tapi untuk bisa merekam dan menampilkan video dengan kamera pengawas jenis ini, Anda memerlukan beberapa konfigurasi teknis yang cukup rumit.

Pengaturannya sering kali memerlukan pemahaman terkait dasar jaringan karena perangkat ini langsung terhubung ke modem internet. Jadi, bagi Anda yang tidak familiar dengan penggunaan teknologi wireless CCTV, sebaiknya pakai jasa pemasangan CCTV dari ahlinya.

setting wireless CCTV
Foto: Freepik

2. Kualitas Gambar yang Kurang Memuaskan

Salah satu kelemahan utama dari CCTV jenis ini adalah hasil gambar dan tangkapan video yang kurang memuaskan. Kualitas gambar sangat tergantung pada harga CCTV tanpa kabel yang Anda beli. Semakin mahal harganya, maka semakin baik kualitas gambar yang ia hasilkan.

3. Harga yang Lebih Tinggi

Kamera CCTV tanpa kabel biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada kamera pengawas yang menggunakan instalasi kabel. Karena alasan inilah banyak orang merasa kecewa saat membeli CCTV jenis ini yang dibanderol dengan harga murah lantaran menghasilkan gambar yang buram.

Rekomendasi CCTV Tanpa Kabel Terbaik Beserta Harganya

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda mungkin masih bingung merk mana yang mungkin sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kamera pengawas nirkabel lengkap beserta dengan harganya.

1. Acome Smart Camera CCTV

Acome Smart Camera CCTV

Dengan penawaran no blind spot, Acome Smart Camera menjadi salah satu rekomendasi yang menarik. Kamera ini memiliki resolusi 1080P yang mana menghasilkan gambar dengan kualitas yang tajam dan jelas. Selain itu, fitur audio yang tersedia sudah mendukung komunikasi dua arah.

Baca Juga:  10 Kursi Roda Traveling Paling Ringan yang Mudah Dibawa

Hal itu akan memungkinkan Anda untuk berbicara dan mendengar melalui perangkat CCTV yang sama. Alat ini juga menyediakan fitur auto switch night mode dan dukungan untuk inframerah hingga jarak 10 meter. CCTV canggih ini punya fitur deteksi gerakan yang bisa mengikuti setiap pergerakan yang tertangkap oleh lensa.

Sedangkan untuk penyimpanan videonya, Anda bisa menggunakan kartu SD (maksimal 128GB) atau menyimpannya pada cloud. Dengan harga CCTV tanpa kabel sekitar Rp389.900,00, Anda sudah bisa memantau sekitar bangunan kesayangan Anda lewat smartphone.

2. Cleverdog Battery Cam IP Camera CCTV

Cleverdog Battery Cam IP Camera CCTV

Cleverdog menawarkan wireless CCTV berkualitas tinggi dengan daya baterai sebesar 3.7V dan kapasitas yang cukup besar, yakni 2x3200mAh. Kamera ini dilengkapi dengan lensa yang mampu menjangkau sudut hingga 110 derajat, dengan resolusi gambar 1920×1080 hingga 25fps.

Selain itu, kamera ini juga lengkap dengan fitur two-way audio, kemampuan night vision menggunakan 6 lampu LED inframerah, serta deteksi gerakan (motion detection). Anda bisa menggunakannya di luar ruangan karena kamera ini lengkap dengan fitur IP65 yang tahan air.

Semua fitur canggih ini bisa Anda miliki dengan harga sekitar Rp1.350.000,00, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan keamanan lingkungan Anda.

3. Ezviz C6N Wireless IP Cam 1080P Dome Ptz

Ezviz C6N Wireless IP Cam 1080P Dome Ptz

Anda bisa memiliki Ezviz C6N Wireless IP Cam dengan harga CCTV tanpa kabel Rp499.000,00. Kamera ini memiliki kemampuan full duplex two-way audio yang memungkinkan komunikasi dua arah melalui satu perangkat kamera. Fitur unik lainnya adalah sleep mode yang belum umum dimiliki oleh CCTV lain.

Selain itu, kamera ini juga lengkap dengan fitur day & night: IR-cut filter with auto switching, motion detection, dan smart tracking. Semua fitur ini bekerja sama untuk memberikan gambar yang bersih dan jernih dengan resolusi 1080P.

4. Imou Ranger 2 Soft AP with Smart Tracking IP

Imou Ranger 2 Soft AP with Smart Tracking IP

Apabila Anda menginginkan fitur yang canggih seperti motion detection, human detection, configurable region, dan abnormal sound alarm, maka Imou Ranger 2 adalah yang Anda cari. Kamera keluaran Imou ini menawarkan keunggulan tersebut dengan harga terjangkau, karena Anda bisa membelinya di harga Rp449.000,00.

Baca Juga:  8 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Spesifikasi kamera CCTV tanpa kabel ini mencakup kemampuan night vision, audio dua arah, zoom digital 16x, serta frame rate hingga 25/30 fps. Selain itu, kamera ini memiliki konsumsi daya yang rendah, yakni kurang dari 3.5W.

Imou Life App juga memiliki kontrol pemantauan yang cukup mudah dalam penggunaanya. Kamera ini memiliki konektivitas WiFi, sehingga Anda tidak memerlukan kabel CCTV seperti pada kamera konvensional.

5. Robolife Ip Camera CCTV WiFi G1X2

Robolife Ip Camera CCTV WiFi G1X2

Robolife G1X2 merupakan rekomendasi wireless CCTV terbaik lainnya karena dilengkapi dengan mikrofon dan speaker yang terintegrasi, sehingga memungkinkan fitur audio dua arah. Kamera ini memiliki mode night vision dengan menggunakan teknologi infrared yang dapat menjangkau jarak hingga 10 meter.

Kamera CCTV nirkabel ini hanya memerlukan jaringan WiFi dengan frekuensi 2.4GHz. Produk Robolife mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi sebesar 2MP.

Pemasangannya pun juga sangat mudah, dan Anda bisa dengan mudah mengakses hasil rekamannya melalui smartphone. Anda bisa mendapatkan produk CCTV ini dengan mudah di berbagai platform e-commerce dengan harga sekitar Rp516.750,00 saja.

CCTCV
Temukan Camera CCTV Tanpa Kabel yang Dapat Merekam Suara di UKUR!

Sudah Tahu Rekomendasi CCTV Tanpa Kabel yang Cocok untuk Anda?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kamera CCTV tanpa kabel beserta dengan harga terbarunya yang bisa menjadi pilihan perangkat keamanan yang berguna untuk hunian atau kantor. Pastikan Anda membeli produk CCTV melalui platform UKUR, ya!

Sebab, UKUR sudah dipercaya oleh banyak orang sebagai situs jual beli online berbagai kebutuhan rumah tangga dan bahan bangunan terlengkap se-Indonesia. Selain CCTV, Anda juga bisa membeli produk elektronik, furniture, MEP, hingga produk AC dari berbagai model dengan harga yang terjangkau.

Barang-barang kebutuhan yang Anda pesan akan tim UKUR kirim dengan cepat dan seefektif mungkin. Bila perlu, Anda juga bisa menyewa jasa tukang pemasangan produk elektronik yang Anda beli, lho! Menarik sekali, bukan?