Rekomendasi Kabel CCTV Terbaik di 2023, Berkualitas!

Rekomendasi Kabel CCTV Terbaik di 2023, Berkualitas!

Kabel CCTV adalah tulang punggung komunikasi antara kamera CCTV dan sistem pemantauan, yang biasanya berwujud Digital Video Recorder (DVR) dan jadi salah satu penunjang dalam penerapan cara cek kendaraan kena tilang CCTV.

Selain itu, kabel yang baik akan melancarkan transfer video dari kamera ke DVR. Maka dari itu, di artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis dan rekomendasi terbaiknya.

Jenis-Jenis Kabel CCTV

Setidaknya, ada tiga jenis kabel yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1. Coaxial

Kabel Coaxial
Foto: thecustomizewindows.com

Coaxial biasanya memiliki dua konektor, yaitu BNC (Bayonet Neill-Concelman) dan konektor power. Koneksi BNC mengirimkan sinyal video, sedangkan konektor power mengirim daya ke kamera.
Keunggulan utama dari coaxial adalah kualitas video yang tinggi dan minimnya gangguan sinyal, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk keamanan.

2. Coaxial + Power

Kabel Coaxial + Power
Foto: ebay.co.uk

Coaxial + Power umumnya tersedia dalam berbagai ukuran. Selain itu, keunggulan utamanya adalah penggunaan yang mudah dan instalasi yang cepat. Namun, jika terjadi masalah, Anda mungkin perlu menggantinya secara menyeluruh, termasuk bagian kabel Power CCTV.

3. Coaxial 3 Jalur

Keunggulan dari Coaxial 3 jalur adalah kemampuannya untuk mengirimkan video, audio, dan daya dalam satu jalur. Sehingga, Anda dapat merekam audio selama pengawasan dan mempermudah instalasi, karena Anda hanya perlu memasang satu jalur untuk tiga fungsi sekaligus.

Tips Memilih Kabel CCTV

Ada 3 faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih kabel untuk sistem pengawasan, di antaranya yaitu:

  • Pilih jenis kabel yang sesuai dengan jarak dan kebutuhan sistem Anda.
  • Pastikan kabel mengandung shielding.
  • Pastikan untuk memilih kabel yang sesuai dengan lingkungan instalasi, agar sistem Anda dapat bekerja dengan lancar dan handal.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Pencurian: Memahami, Strategi, dan Peran CCTV

Rekomendasi Kabel CCTV Terbaik

JIka Anda sedang mencari rekomendasi kabel terbaik, maka Anda bisa mencoba beberapa pilihan di bawah ini:

1. LS Coaxial Cable RG59 + Power 300 m

LS Cable & System RG59 adalah tipe yang mudah dan praktis dengan konektor BNC dan DC yang kuat, dapat Anda temukan dengan mudah di Marketplace. Keunggulan produk ini adalah serabutnya yang kuat, sehingga mengurangi risiko kerusakan atau kegagalan transmisi.

Selain itu, bahan pembungkusnya terbuat dari aluminium foil, yang lebih andal daripada plastik biasa. Berbahan tembaga dengan ukuran 300 m dan identik dengan warna putih.

2. Ultimate Wire RG59 + Power 100 m

Jika Anda mencari kabel CCTV terbaik, maka Ultimate Wire RG59 adalah salah satu pilihan yang perlu Anda pertimbangkan. Produk ini memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya sangat cocok untuk penggunaan dalam dan luar ruangan.

Salah satu fitur utamanya adalah sistem tahan UV yang handal, sehingga membuatnya aman untuk lingkungan outdoor. Selain itu, pembungkus kabel ini terbuat dari material PVC berkualitas tinggi yang menjamin ketahanan jangka panjang.

Ultimate Wire RG59 juga mendukung kualitas gambar HD, sehingga gambar pada sistem akan lebih jernih dan tajam. Produk ini tersedia dalam dua pilihan panjang, yaitu 100 meter dan 300 meter, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fitur lain yang menonjol dari produk ini adalah perlindungan braided hingga 95%, sehingga membuatnya lebih aman dan tahan lama. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan sinyal atau kerusakan yang dapat terjadi selama penggunaan.

3. Belden 9105SL2P RG59 + Power 305 m

Salah satu pilihan terbaik adalah Coaxial RG59, seperti Belden 9105SL2P, yang ideal untuk tipe CCTV analog. Salah satu kelebihan utama Belden 9105SL2P adalah serabut kabel yang terbuat dari tembaga dengan lapisan timah, yang berfungsi melindungi sinyal dari gangguan eksternal.

Baca Juga:  Berapa Harga Marmer Per Meter? Simak Faktor Penentu Harganya

Pembungkusnya terbuat dari 100% aluminium, sehingga mampu memberikan ketahanan dan daya tahan yang tinggi, serta menjadikannya pilihan yang awet dan tahan lama. Selain itu, produk ini dapat Anda gunakan baik dalam instalasi indoor maupun outdoor berkat ketahanan UV Resistant-nya.

4. SPC RG59 + Power 100 m

Salah satu kabel CCTV outdoor unggulan yang dapat Anda pertimbangkan adalah SPC atau Super Premium Cable, yang menawarkan Coaxial RG59 berkualitas tinggi. Salah satu kelebihan SPC adalah penggunaan bahan Titanium dan Platinum yang memberikan jaminan kualitas dan keandalan optimal.

Produk ini sudah memiliki sertifikasi ISO 9001 dan RoHS, yang membuktikan standar kualitasnya. Tersedia dalam panjang 100 meter dan 300 meter, sehingga memberikan fleksibilitas ukuran sesuai dengan kebutuhan instalasi.

Selain itu, dengan kemampuannya yang dapat terintegrasi dengan UPS, produk ini memastikan bahwa sistem pengawasan tetap berfungsi, bahkan saat terjadi pemadaman listrik.

Tabel Perbandingan Harga Kabel CCTV

Berikut perbandingan harga kabel CCTV per meter dari berbagai merk:

Merk KabelKisaran Harga Kabel Per Mete
LS Coaxial Cable RG59 + Power 300 mRp1.160.000,00
Ultimate Wire RG59 + Power 100 mRp295.000,00
Belden 9105SL2P RG59 + Power 305 mRp1.390.000,00
SPC RG59 + Power 100 mRp245.000,00

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Kabel CCTV

Berkaitan dengan topik yang sedang kita bahas, ada beberapa pertanyaan umum yang mungkin selama ini berkecamuk di pikiran Anda. Beberapa pertanyaan tersebut beserta jawabannya, yaitu:

1. Kabel Apa yang Biasa Digunakan untuk CCTV?

Coaxial, Coaxial + Power, Coaxial 3 Jalur, dan kabel UTP (ideal untuk tipe sistem analog).

2. Apa Perbedaan RG59 dan RG6?

Perbedaan utama antara RG59 dan RG6 terletak pada konduktor dan karakteristik shielding kabel. RG59 memiliki konduktor yang lebih kecil, membuatnya cocok untuk frekuensi sinyal rendah. Namun, kualitas sinyalnya tidak sebaik RG6, dan shielding-nya tidak efektif untuk sinyal tingkat GHz.

RG6, di sisi lain, memiliki konduktor yang lebih besar, sehingga memberikan kualitas sinyal yang lebih baik. Dielectric insulation-nya lebih tebal untuk melindungi peralatan elektronik dan shielding yang efektif untuk sinyal level GHz. Itulah mengapa RG6 lebih cocok untuk satelit dan internet broadband yang lebih tinggi.

Baca Juga:  10 TV Box Android Terbaik 2023, Low Budget!

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan Kabel Coaxial?

Beberapa kelebihan Coaxial, yaitu:

  • Harga kabel CCTV per meter lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Lebih kuat menahan gangguan eksternal, sehingga menghasilkan sinyal yang lebih stabil.
  • Jarak maksimum kabel lebih panjang.
  • Bandwidth yang cukup besar, cocok untuk mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi.
  • Kemungkinan terjadinya error sangat minim, memberikan keandalan dalam transmisi data.
  • Mendukung transmisi data baik dalam format analog maupun digital.

Di sisi lain, Coaxial juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

  • Pemasangan sedikit lebih sulit.
  • Biaya perawatan cenderung mahal, karena membutuhkan peralatan khusus.
  • Terdapat batasan maksimal untuk jumlah perangkat yang dapat terhubung, yaitu sekitar 30 device.
  • Redaman sinyal yang cukup besar mengharuskan penggunaan repeater tambahan untuk memperkuat sinyal dalam jarak yang lebih panjang.
  • Pemasangan kabel di atas tanah rawan terhadap gangguan fisik yang dapat memutuskan sambungan atau mengganggu kualitas sinyal.

 

kabel cctv
Dapatkan kabel cctv berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Kabel CCTV Manakah yang Cocok untuk Anda?

Jenis dan rekomendasi produk di atas adalah beberapa pilihan terbaik untuk instalasi sistem pengawasan yang andal. Anda dapat memilih merek, tipe, dan ukuran, sesuai dengan kebutuhan pengawasan di lokasi Anda. Pertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas, harga, hingga batasan-batasannya.

Karena CCTV adalah komponen penting untuk keamanan, sehingga Anda harus memilih produk yang benar-benar berkualitas. Maka dari itu, UKUR hadir untuk memenuhi kebutuhan CCTV Anda. Berbagai jenis dan merk kabel dapat Anda temukan di UKUR, dengan kualitas dan harga yang lebih bersaing.

Tidak hanya tipe kabel (wired), CCTV tanpa kabel (wireless) pun bisa Anda beli di UKUR. Selain itu, Anda juga bisa membeli perlengkapan Elektronik lainnya sebagai pendukung CCTV, Perkakas untuk instalasi, hingga perlengkapan Safety.